ROTE ISLAND (PULAU ROTE)

Pada posting sebelumnya kita sudah mengenal sedikit tentang Pulau Lembata khususnya Desa Lamalera, kali ini mari kita sama-sama mengenal sedikit tentang sebuah pulau yang juga terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia yaitu Pulau Rote.

Pulau yang secara geografis berada di paling selatan wilayah Indonesia ini, yang sekarang berstatus daerah kabupaten yaitu Kabupaten Rote Ndao sejak tahun 2002 lalu, juga disebut sebagai Kepulauan Rote karena daerah pemerintahannya terdiri dari beberapa pulau yang terletak di sekelilingnya yakni Pulau Ndao, Pulau Ndana, Pulau Nusa dan Pulau Do'o (Pulau Ular). 



"Nusa Lontar", begitulah julukan untuk Pulau Rote karena di pulau rote terdapat banyak sekali pohon lontar. Pohon ini bagi masyarakat Pulau Rote adalah pohon kehidupan karena memiliki banyak kegunaan. Daunnya digunakan sebagai atap rumah maupun anyaman. Dari daun lontar tercipta karya-karya seni yang khas seperti "Ti'i Langga" yaitu topi tradisional Rote dan juga alat musik yang sudah dikenal diseluruh dunia yaitu "Sasando".




Batangnya digunakan untuk membangun rumah dan juga untuk pakan ternak. Buahnya bisa dimakan dan memiliki rasa yang hampir sama seperti buah kelapa. Dan yang paling terkenal adalah sari yang dihasilkan pohon ini yaitu Tuak Manis (Nira) yang adalah sebutan untuk minuman khas orang Rote. Dari tuak atau nira tersebut dapat diolah lagi menjadi bermacam olahan seperti gula merah, gula lempeng, cuka dan juga diolah menjadi minuman keras khas Rote yang di sebut "Sopi".



Seperti halnya Bali, Rote juga memiliki pesona alam yang sangat mengundang decak kagum para pelancong. Kerena alamnya yang indah dengan gelombang laut yang terpanjang di Indonesia. Dengan lingkungan alam yang spektakuler, perairan yang jernih, perbukitan yang terjal, serta sabana yang terbentang mendominasi. Yang paling dikenal dari pulai ini adalah pantai berpasir putih dengan ombaknya yang tinggi, tradisi ritualnya yang unik, tenunan ikatnya yang indah dan alat musiknya yang unik. Dari keunikan Daerah ini, dapat digunakan sebagai salah satu tempat berpetualang yang indah. Selain alam dan pantainya yang indah pulau rote juga menjadi tujuan olah raga air, seperti menyelam dan snorkeling. Karena terumbu karangnya yang sangat indah kehidupan laut pulau Rote sangat bervariasi dengan semua jenis ikan tropis yang berwarna, salah satunya adalah ikan pari manta. Sambil menikmati sunset yang indah di pulau ini juga menawarkan surfing yang sangat berkelas dengan gelombangnya yang tinggi dan panjang sebanyak 8 gulungan akan membuat peselancar dunia merasa sangat menantang. 


Komentar

Postingan Populer